Blog Ini Memberikan Infomasi Pariwisata Kabupaten Siak dan Memberikan Info-Info Yang Menarik Untuk Di Baca.

Kemegahan Istana Peninggalan Kerajaan Siak


Selamat Pagi Sobat,,,,,Semoga kita selalu dalam kondisi yang diridhoi oleh ALLAH swt J
Untuk Kali saya akan  tentang Sebuah Peninggalan sejarah peradaban melayu yakni Istana siak, yang merupakan peninggalan kerajaan siak  pada masa kejayaannya. Istana Siak yang berada di Kabupaten Siak, Riau.  
Istana ini dibangun saat kepemimpinan Sultan Assyaidis Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaifuddin pada tahun 1889 dan memiliki julukan “Istana Negeri Matahari Timur”.  Istana siak berdiri mengahadap sungai siak  yang lebih di kenal dengan istilah “sungai jantan”.

Untuk lebih lengkapnya simak ulasan lengkap dari saya berikut ini :


Istana siak merupakan salah satu bukti nyata tentang keberadaan kerajaan Siak Sri Indrapura yang merupakan kerajaan melayu riau yang terbesar. Istana ini dibangun oleh Sultan Assyaidis Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaifuddin pada tahun 1889, dengan nama ASSERAYAH HASYIMIAH dan istana siak itu sendiri selesai dibangun pada tahun 1893. Menurut beberapa sumber yang ada sebelum sultan siak melakukan pembagunan istana siak, beliau melakukan kunjungan ke  Negara di eropa seperti Belanda dan Jerman. Kemungkinan, pengalaman beliau selama eropa itu jaga yang mempengaruhi arsitektur istana siak itu sendiri dan beberapa orang berpendapat istana siak ini dirancang oleh arsitek asal jerman namun untuk namany tidak tahun secara pasti. Bangunan Istana Siak berdiri di atas areal tanah seluas ± 28.030 m2.

Istana Siak memiliki arsitektur bercorak MelayuArab, dan Eropa. Pintu gerbang masuk Istana, terdapat hiasan berupa sepasang burung elang menyambar dengan sorot mata tajam, seolah-olah mengawasi semua orang yang akan masuk ke areal istana dan disetiap sudut bagunan ista ini terdapat pilar-pilar  berbentuk bulat dengan sisi atas pilar terdapat patung burung elang yang melambangan keberanian kerajaan siak. 


Bangunan istana siak itu sendiri memiliki 2 lantai , Lantai bawah dibagi menjadi 6 ruangan siding : Ruang tunggu para tamu, ruang tamu kehormatan, ruang tamu laki-laki, ruang tamu untuk perempuan, satu ruangan di samping kanan adalah ruang sidang kerajaan, juga digunakan untuk ruang pesta. Lantai atas terbagi menjadi  9 ruangan, berfungsi untuk istirahat Sultan serta para tamu istana. 
Sementara untuk di halaman istana terdapat meriam-meriam yang mengelilingi istana siak . Selain bangunan utama , di kompleks istana siak ini terdapat beberapa istana-istana lainnya sebagai berikut : Istana Baru , Istana Panjang dan Istana Limas.



Untuk sekedar informasi : Jam buka Istana Siak adalah Senin-Kamis dan Sabtu, pukul 09.00-16.00 WIB. Pada Jumat tutup pukul 09.00-11.00 dan buka kembali pukul 13.45-16.00 WIB. Tiket masuk  untuk dewasa Rp 3.000 dan anak-anak Rp 2.000.

Sekian Pembahasan saya tentang Kemegahan Istana Peninggalan Kerajaan Siak untuk kali ini dan semoga bermanfaat dan bias menambah pengetahuan kita semua. Wasslam


Tag : ISTANA SIAK
0 Komentar untuk "Kemegahan Istana Peninggalan Kerajaan Siak"

Back To Top