Blog Ini Memberikan Infomasi Pariwisata Kabupaten Siak dan Memberikan Info-Info Yang Menarik Untuk Di Baca.

Ada Apa Dengan Agrowisata Kabupaten Siak

Malam sobat blogger semua ? Untuk Malam saya melanjutkan tulisan saya yang sempat 2 hari tertuda !! karena ada beberapa kesibukan :)
Untuk kali ini saya akan membahas tetang kawasan ekowisata yangg ada dikabupaten siak  yakni mempura !!



**Kawasan Tangsi Belanda, Benteng Hulu**


Mempura, adalah salah satu kawasan wisata yang berada di Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Kawasan Mempura sendiri sedang dicanangkan menjadi kawasan ekowisata yaitu kawasan wisata berbasis ekologi yang termasuk didalamnya memiliki unsur alam itu sendiri dan kehidupan masyarakat sekitar baik social, budaya, dan sejarah yang dimilikinya. Keseluruhan faktor ini mendukung sepenuhnya tema ekowisata itu sendiri. Mempura sebagai suatu kawasan merupakan paket lengkap dari sebuah wisata ekologi.


Mempura memiliki potensi alam yang bagus. Selain berada di daerah aliran Sungai Siak dan Sungai Mempura, Mempura memiliki lingkungan yang masih asri. Kawasan agrowisatanya pun cukup berkembang dengan komoditas andalannya berupa durian. Selain itu perkebunan karet berkembang di sini. Mempura sendiri memiliki latar belakang sejarah yang sangat penting. Mempura merupakan daerah yang pernah menjadi pusat kerajaan melayu besar yaitu Kerajaan Siak. Peninggalan sejarah dari kerajaan ini masih nampak dengan adanya makam-makam Sultan yang pernah memerintah di Kerajaan Siak. Selain itu, di seberang Mempura, di kota Siak, ada bekas istana Raja Siak dan masih terawatt hingga kini. Mempura juga memiliki bangunan bekas peninggalan Belanda yang menunjukkan pernah adanya pendudukan Belanda di Wilayah ini.



Obyek wisata yang dapat dikunjungi di daerah Mempura dan sekitarnya adalah kawasan Sei Mempura, Tangsi Belanda di desa Benteng hulu, Kawasan agrowisata di desa Kampung Tengah, Kawasan agrowisata Sei Mempura, dan Wisata Sungai Mempura dan Sungai Siak. Kawasan Mempura yang dekat dengan kota Siak Sri Indrapura menjadikan letaknya dekat dengan objek wisata lain yaitu Jembatan Siak, Istana Siak, dan Balai Kerapatan Tinggi. Jika anda berada pada waktu yang tepat, and adapt menikmati pagelaran seni yang ada di Mempura. Salah satu objek wisata yang dapat dinikmati selain di daerah Mempura dan masih berada di wilayah Kabupaten Siak yaitu Danau Zamrud. Danau ini masih penuh dengan bumbu cerita mistis namun layak untuk dikunjungi. Danau ini memiliki ciri dengan warna air yang coklat kehitaman dan apabila melakukan kegiatan berenang cukup sulit karena air terasa berat (berdasarkan penuturan dua orang wisatawan Gito Sumarno dan Alief Afrian Bargayu). Di danau ini, kita dapat menyewa pompong (perahu) dengan harga Rp. 200.000,-.

Untuk mencapai Siak tidaklah sulit, dari ibukota provinsi Riau, Pekanbaru, hanya memakan waktu dua jam. Mempura berjarak hanya lima menit dari pusat kota. Dari Mempura sendiri ke sebagian besar Objek Wisata yang ada tidak terlalu jauh hanya memakan waktu sekitar 30 menit. Untuk danau Zamrud, waktu yang diperlukan mencapainya yaitu dua jam. Untuk souvenir anda dapat memperolehnya di desa Sei Mempura atau desa Kampung Tengah. Souvenir yang ada bermacam dan umumnya menunujukkan keanggunan tenun Siak. Jadi apa salahnya anda berkunjung ke daerah yang merupakan salah satu daerah terkaya di Indonesia ini.

itulah penejelasan singkat tentang Kawasan Agrowisata Mempura, semoga dapat mejadi pilihan wisata ketika sedang berkujung ke kota siak Alias Kota Istana ?? hehehe :)
Tag : Agrowisata
0 Komentar untuk "Ada Apa Dengan Agrowisata Kabupaten Siak"

Back To Top