Blog Ini Memberikan Infomasi Pariwisata Kabupaten Siak dan Memberikan Info-Info Yang Menarik Untuk Di Baca.

Wisata Alam Kabupaten Siak


Obyek wisata yang ada di Kabupaten Siak meliputi:

-Sungai Mempara
-Wisata Sungai di Siak dan Sungai Memparu 
-Wisata Agro
-Taman Hutan Sultan Syarif Qasim di Minas
-Danau Pulau besar zamrud
-Danau Naga
-Cagar Alam Giam Siak Kecil
-Kawasan Cagar Alam Danau Pulau Besar

Berikut Penjelasan Wisata Alam Kabupaten Siak

1. Sungai Mempura

Di seberang sungai berhadapan dengan Balai Kerapatan tinggi Siak terdapat sebuah anak sungai yang di hulunya terdapat sebuah desa yang bernama Desa Sungai mempura. Untuk mengunjungi desa ini dapat menggunakan perahu dayung atau bermotor yang selalu siap membawa kita ke hulu sungai menuju Desa Sungai Mempura.
Menghilir sungai yang meliuk lingkuk ini memberikan suatu rasa nyaman dengan panorama alam semulajadi, dikiri kanan sungai yang ditumbuhi aneka ragam pepohonan yang teduh dan sesekali kita dikejudkan dengan lompatan kera-kera yang bercengkrama berloncatan dari satu dahan kedahan yang lain.
Suara hewan hutan dan kicawan burung, serta suara serangga hutan, membuat suasana yang khusus kepada wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini.

2.Monumen Pompa Angguk

Minas terkenal dengan hasil buminya yaitu minyak bumi yang menjadi standard terbaik dunia yaitu minyak MInas. Minas merupakan daerah pengeboran minyak pertama untuk daerah Riau dan pompa minyak pertamaitu sekarang tidak beroperasi lagi karena menyaknya telah kering.Penetapan lokasi sumur minyak ini dilakukan pada bulan Maret 1941 dan pengeboran sumur dimulai pada tanggal 10 Desember 1944 dengan kedalaman sumur 800 m.Merk pompa yang digunakan adalah Lufkin. Pompa tersebut saat ini dijadikan monumen sejarah perminyakan di Propinsi Riau, berdiri megah di kota Minas dan terus mengangguk setiap saat.

3.Danau Zamrud

Kawasan Wisata Bahari di Kabupaten Siak merupakan kawasan objek wisata yang sangat menarik di Kabupaten Siak, danau ini dapat dikembangkan sehingga para wisatawan manca negara dapat berkunjung dan menikmati indahnya alam yang sejuk dan nyaman.
Wisata Bahari di Kabupaten Siak ini yaitu Danau Pulau Besar terletak di Desa Zamrud, dengan luas sekitar 28.000 Ha. Danau Bawah dan Danau Pulau Besar terletak dekat lapangan minyak Zamrud, memiliki panorama indah yang mengagumkan dan menarik. Di sekitar danau masih ditemukan hutan yang masih asli. Kondisi danau maupun hutan di sekitar danau berstatus Suaka Marga Satwa yang luasnya mencapai 2.500 hektar, dimana masih terdapat berbagai aneka jenis satwa dan tumbuhan langka. Sumber daya hayati yang terdapat di danau ini seperti pinang merah, ikan arwana dan ikan Balido yang termasuk dilindungi. Keanekaragaman jenis satwa liar di Suaka Marga Satwa danau Pulau Besar dan danau Bawah merupakan kekayaan tersendiri sebagai objek wisata tirta di Riau Daratan.

4.Danau Naga Sakti 

Danau Naga ini terletak di Kecamatan Sungai Apit ini, menurut cerita masyarakat dahulunya setiap setahun sekali timbul makluk mirip naga sehingga diberi nama Danau Naga. Danau ini memiliki panorama alam yang sangat indah dengan air yang tenang disertai hembusan angin sepoi-sepoi sehingga sangat cocok untuk wisata dan olehraga air, seperti: pemancingan, parasaling, dan jet sky.

Tag : Wisata Alam
4 Komentar untuk "Wisata Alam Kabupaten Siak"

Udh lama tak pulang ke siak :)

Makasih Gan infony :)
Kmaren D Channel NET TV "INDONESIA BAGUS" , Liputan d danau zamrud sama kota siak,,,, seru bangt,,, jdi pengen ke siak :D

bagus banget ngak kalah sama tempat lain
tourjogja

Terima kasih,,,
Jika ada waktu bolehlah berkunjung ke siak,
Bukan hanya wisata alam saja yng ada tetapi wisata sejarah juga bnyak, karens siak udah ditetapkan sebagai kota pusaka... hehehe

Back To Top