Blog Ini Memberikan Infomasi Pariwisata Kabupaten Siak dan Memberikan Info-Info Yang Menarik Untuk Di Baca.

Teknik Menguasai Speed Reading Dalam 30 Menit

Saya Mengenal Speed Reading pertama kali ketika duduk di bangku SMA,  sekitar 5 tahun yang lalu. Saat itu saya Sedang melakukan riset tentang metode belajar, saya tergabung dalam organisasi KIR (KELOMPOK ILMIAH REMAJA) & KGR (KELOMPOK GURU REMAJA). 
Di tengah persiapan persiapan melakukan riset tersebut  saya dikenalkan dengan pembimbing sekaligus panasehat baru dalam organisasi kami yakni  “YANI HAMDANI, Lc”.  Selama dibimbing beliau kami dikenalkan dengan Salah satu topik yang dibahas adalah bagaimana cara membaca yang lebih cepat dan lebih baik. Apa yang menjadi seorang pembaca cepat dan efektif.

Awalnya saya kesulitan menerapkan teknik membaca cepat karena ketika itu hanya menjelaskan secara sekilas. Namun dengan kegigihan dan latihan terus menerus, akhirnya saya mulai terbiasa dan mengembangkan teknik membaca cepat dan efektif yang nyaman buat saya.
Untuk tidak basa-basi lagi saya langsung share teknik speed reading yang sangat efektif ; setiap orang dapat menguasai metode ini dapat berbeda-beda karena tingkat kegigihan dari orang tersebut dalam menerapakan metode speed reading ini, selain itu setiap teknik atau metode dalam beberapa refrensi sangat berbeda, tingal bagaimana kita dapat menyesuaikan dengan kemampuan.

Teknik pertama speed reading yakni “Mengenali Kata Dengan Cepat”
Dalam proses membaca, mata bertindak sebagai indra yang menangkap kata-kata dalam bahan bacaan. Kata-kata tersebut kemudian dikirim ke otak untuk dikenali sebagai sebuah kosa kata, kelompok kata, maupun pemahaman sebuah kalimat.
Salah satu alasan kita bisa membaca lebih cepat adalah karena otak manusia mampu memproses informasi dengan kecepatan sangat tinggi. Namun kecepatan ini seringkali tidak dimanfaatkan secara maksimal dan hanya digunakan sekedarnya saja. Tidak hanya itu, ternyata otak manusia mampu memproses kata-kata dengan baik bahkan ketika urutannya dibolak-balik.

Apa yang Anda rasakan ketika membaca kedua teks tadi ? Kebanyakan orang tidak akan mengalami kesulitan berarti untuk membaca teks pertama. Mungkin kecepatannya akan lebih lambat karena teks tersebut dibolak-balik. Walaupun demikian teks tersebut masih cukup mudah dibaca dan dikenali sebagai kosa kata yang telah kita kenali sebelumnya. Tulisan yang dibolak-balik tadi sekaligus menjadi bukti bahwa Anda mampu membacanya. Inilah prinsip yang akan kita gunakan dalam membaca cepat yakni mengenali kata demi kata dengan kecepatan tinggi sehingga Anda bisa terus berpindah ke kata berikutnya sambil membangun pemahaman dan konteks bahan bacaan.

Dalam membaca cepat kemampuan mengenali kata adalah dasar. Ketika Anda melihat sekumpulan huruf lewat mata dan mengirimkan ke otak, maka akan ada proses pengenalan terhadap kata-kata tersebut terlebih jika Anda pernah mengenal kosa kata tersebut sebelumnya. Itu mengapa orang yang rajin membaca memiliki kecepatan yang relatif lebih cepat dibandingkan orang yang jarang baca karena kekayaan kosa kata yang telah dimiliki sebelumnya. Dalam teknik membaca cepat, kita akan melatih kecepatan mengenali berbagai kosa kata tersebut.

Inilah Cara Menguasai Speed Reading Hanya30 menit !!

Untuk metode speed reading berikutnya, silahkan di tunggu postingan berikutnya !!
Tag : CATATAN, UMUM
0 Komentar untuk "Teknik Menguasai Speed Reading Dalam 30 Menit "

Back To Top