Blog Ini Memberikan Infomasi Pariwisata Kabupaten Siak dan Memberikan Info-Info Yang Menarik Untuk Di Baca.

Beberapa Bukti Kekayaan Budaya Siak

Selain memiliki tempat yang indah sebagai objek wisata alam, makanan khas, di Kabupaten Siak ini juga kita dapat menikmati sajian-sajian kebudayaan dan kesenian adat sebagai bentuk wisata budaya yang dapat kita
lihat. Kebudayaan-kebudayaan dan adat-istiadat yang menarik yang terdapat di kabupaten siak ini antara lain: Kesenian Tradisional Siak, Gurindam Dua Belas ciptaan Raja Ali Haji, Tenun Siak, Upacara Adat Desa Mempura, Event Seni Budaya di Kabupaten Siak (yang disajikan dengan nama Siak Bermadah, Tarian Zapin sebagai tarian daerah, dan pakaian khas daerah berupa baju kurung),  dan Tepak Sirih.


1. Kesenian Tradisional Siak

Kesenian Siak yang hidup dan berkembang di Kerajaan Siak dimasa dinasti Raja Kecik tahun 1723 sampai berakhirnya Kerajaan Siak dibawah pimpinan Sultan Syarif Kasim Sani ( II ) tahun 1946 yang berkisar hampir 3 abad lamanya, tidak jauh perbedaannya karena kesenian itu pada umumnya dipelihara dan dibina dilingkungan Istana yang merupakan pusat Kerajaan dan budaya. Tetapi setelah Indonesia Merdeka Kerajaan Siak menyatu dengan pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia, maka keseniannya berkembang dengan variasi sesuai dengan zamannya. Kehidupan kesenian dikerajaan Siak dapat dibagi dua :
a. Kesenian yang hidup dan berkembang dilingkungan Istana disebut "Kesenian Istana"
b. Kesenian yang hidup dan berkembang dimasyarakat disebut " Keseniana Rakyat "
            Apa perbedaan kedua kesenian ini? Kesenian di Istana adalah kesenian yang hidup berkembang diistana dan telah mengalami penyempurnaan dan pengolahan serta diatur dengan tata tertib adab dan kesopanan yang akan dipergelarkan di Istana dihadapan Raja dan tamu-tamu kerajaan. Sedang Kesenian Rakyat adalah kesenian yang bersifat hiburan masyarakat ataupun untuk keperluan kehidupn masyarakat dalam pengobatan, menghalau roh-roh jahat, turun ke laut, turun keladang ataupun memetik hasil lading atau hasil hutan atau mengambil madu lebah dipohon Sialang.

2. Tenun Siak

Kerajinan tangan yang sangat terkenal dari Siak semenjak dahulu adalah kerajinan industri rumah yaitu kerajinan tenunan, karena berasal dari Siak maka dinamakan Kain Tenun Siak.
 Semasa dahulu pekerjaan menenun hanya dikenal di lingkungan istana saja sebagai pekerjaan sambilan. Namun sesuai dengan perkembangan zaman, pekerjaan menenun merembes keluar tembok istana.
Tenun Siak adalah tenunan yang dibuat (ditenun) dengan menggunakan benang katun atau benang sutera yang diberi motif benang emas dengan berbagai motif seperti pucuk rebung, siku keluang, tampuk manggis, dan lain-lain.
Dengan dimekarkannya Siak menjadi Kabupaten, perhatian pemerintah terhadap perkembangan tenunan Siak semakin besar, dan tenunan Siak sebagai bawang bawaan atau cinderamata khas dari Siak semakin diminati oleh para kolektor, masyarakat pemakai, dan para pelancong yang datang ke Siak.



0 Komentar untuk "Beberapa Bukti Kekayaan Budaya Siak"

Back To Top