Blog Ini Memberikan Infomasi Pariwisata Kabupaten Siak dan Memberikan Info-Info Yang Menarik Untuk Di Baca.

Misteri Apa Yang Ada Di Bangkas Kerjaan Siak ?

Istana Siak

Kabupaten Siak dikenal dengan sebutan atau slogan “Siak The Truly Malay” yang memiliki arti bahwa budaya melayu yang sesungguhnya adalah Siak Sri Indrapura. 

Kabupaten Siak merupakan salah satu kabupaten dengan ibu kotanya “Siak Sri Indrapura” yang ada di Provinsi Riau. Kabupaten Siak sejak dulunya dikenal dengan Kerajaan Siak yang megah. Hal ini dapat dibuktikan dengan masih banyaknya situs-situs sejarah yang terdapat di Kabupaten Siak yang salah satunya adalah Istana Asserayah Al-Hasyimiah

Lemari besi atau yang lebih keren dengan istilah kekinian adalah berangkas yang digunakan untuk menyimpan harta berharga para pemiliknya. Namun, ternyata ada sebuah lemari besi milik kesultanan Siak Sri Indrapura, Riau, yang tidak pernah bisa dibuka hingga saat ini dan lemari besi peninggalan Kesultanan Siak itu saat ini berada di istana Kesultanan Siak Sri Indrapura


Lemari besi yang tidak bisa dibuka ini, tersimpan secara terbuka di bagian belakang istana berwarna hitam dengan ukuran 1x2x1 meter. meter tampak biasa saja. Dan berbobot sekitar 300 kilogram.


Misteri Berankas Siak Yang Sampai Detik ini Belum Bisa Dibuka, Ada yang Bisa dan Berani Membukanya?
Menurut sejarah, Kepala rumah tangga istana bernama Wak Molan (1889-1945) adalah orang kepercayaan Sultan Syarif Kasim II dan yang memegang kunci brankas. Sepanjang hidup, Wak Molan tak pernah menceritakan kepada siapa pun, termasuk istri dan anak-anak, tentang apa isi brankas.

Ketika Wak Molan wafat, sultan mengambil kunci itu lalu membuangnya ke Sungai Siak, seperti yang Anda tahu Sungai Siak adalah sungai terdalam di Tanah Air menurut Ilmu Geografi kita dulu sampai 30 Meter dalamnya, mungkin sekarang sudah mendangkal. 

Sultan membuang kunci itu tanpa alasan yang jelas, setelah itu, sultan pergi ke Jakarta, karena Sultan Syarif Pada Saat itu diangkat sebagai penasehat Presiden Sukarno pada tahun 1945-1950.


Beberapa usaha yang telah dilakukan untuk bisa membuka Lemari besi Peninggalan kesultanan Siak Sri Indrapura ini;

  1. Membuat Sayembara kepada saja yang mampu membuka dan mengungkap rahasia di balik lemari besi tersebut telah ada sejak tahun 1950-an dan masih berlaku hingga detik ini.
  2. Didoakan, namun belum berhasil membuka lemari sakti dari Siak ini
  3. Mendatangkan Ahli Kunci, namun gagal.
  4. Mendatangkan orang Pintar, masih saja gagal membuka, orang pintar yang terpental saat mendoakan lemari besi tersebut.
  5. Usaha Ekstrim dengan dibor, dilas, dicongkel masih saja belum terbuka. Malah Mata Bor patah
  6. Mendatangkan Dukun dari Banten, Tidak juga mampu membuka dan mengungkap isi Lemari besi tersebut.
  7. Mendatangkan Ahli dari Caltex salah satu perusahaan minyak Asing di Riau, namun gagal, seperti yang diceritakan teman saya, perusahaan canggih dengan scientistnya juga belum bisa membuka lemari bsi peninggalan kesultanan Siak tersebut.
  8. Mendatangkan mesin pindai (scanner) dari ITB juga pernah dibawa dan tak dapat memindai apa yang ada di dalamnya. Padahal mesin yang sama ketika diarahkan ke lantai, bisa menangkap sampai 2 meter ke bawah. Semua hasilnya nihil, dan masih banyak lagi usaha kecil yang dilakukan yang tidak bisa dijelaskan satu persatu disini, namun semua berakhir dengan kegagalan.

Sampai saat ini, bahkan detik ini masih menyisakan misteri, Lemari besi yang berada di Istana Siak tersebut belum juga bisa dibuka, dan apa isi dalamnya juga belum diketahui secara pasti, kalaupun dibolehkan dengan alat peledak mungkin juga bisa gagal. Sampai detik ini Sayembara kepada saja yang mampu membuka dan mengungkap rahasia di balik lemari besi tersebut masih dibuka, mungkinkah Anda yang berhasil membukanya ? Silakan kunjungi Istana Siak.
0 Komentar untuk "Misteri Apa Yang Ada Di Bangkas Kerjaan Siak ?"

Back To Top