Blog Ini Memberikan Infomasi Pariwisata Kabupaten Siak dan Memberikan Info-Info Yang Menarik Untuk Di Baca.

Apa itu Festival Siak Bermadah

Melayu ? isilah itu lah telah ada sejak dahulu ketika orang mendengar daerah riau, yah memang riau merupakan pusat buadya melayu sejak dahalu. Jika merujuk sejarah kerajaan islam yang ada di indonesia. Riau merupakan salah satu yang berpengaruh pada perkembangan islam. Suatu wilayah di riau yang merupakan memeberikan pegaruh tersebut adalah Siak Sri Indrapura,

Siak Sri Indrapura merupakan pusat kerajaan melayu islam terbesar dan terkuat yang ada di indonesia. Pada puncak jayaannya, Kerjaan Siak mampu menguasi kerajaan hingga malaka. Setelah bebrapa dekade kerjaan siak di pimpin oleh sultan, maka pada tahun 1945 siak resmi bergabung dengan NKRI karena pada saat itu indonesia baru mendeklarasikan kemerdekaannya.



Maaf Intermezonya kepanuangan, heheheh J biar namabh ilmu dikit ?
Langsung saja ke poko permasalahhanya ? Festival Siak Bermadah merupakan event wisata yang ada disiak sekitar 1 dekade lebih atau selama siak menjadi sebuah kabupaten pemekaran dari kabupaten bengkalis.
Siak Sri Indrapura resmi menjadi kabupaten pada bulan oktober 1999 ? jadi Siak bermadah itu di peringati sbagai perayaan hari jadi kabupaten siak pada setiap tahunnya. Siak bermadah merupakan sebuah ajang Festival budaya melayu yang terbesar sebagai penghormatan akan sebuah nilai budaya luhur. 


Dalam Festival siak bemadah banyak hal yang bisa di lihat mulai dari seni tari, seni teater atau yang lainnya,
Dalam Ajang Festival siak bemadah beberapa negara yang ada 
Festival Siak Bermadah merupakan festival kesenian Melayu untuk memperingati hari jadi Kabupaten Siak.



Banyak Acara yang terdapt dalam siak bermadah ini,  Adapun acaranya adalah lomba :

  1. Zapin Tradisional, 
  2. Zapin Kreasi, 
  3. Kuliner Melayu,
  4.  Lawak, 
  5. Langgam Melayu, 
  6. Syair, Berbalas Pantun, 
  7. Arakan Pengantin, 
  8. dan masih banyak yang lainnya.
  9. bazar

Peserta yang akan mengikuti festival siak bermadah yang diambil dari setiap sekolah yang ada di kabupaten siak.  Lokasi Festival Siak Bermadah Berada di depan istana siak, yang merupakan pusat kerajaan siak. Grand Opening Siak Bermadah biasanya dibuka oleh bupati siak yang di iringi dengan Konser Budaya, dan aracara terbuat diadakan hampir 14 hari megingat begitu banyaknya Festival budaya yang akan di publikasikan.


Untuk Wisatawan yang ingin berkunjung ke kota siak sebaiknya datang pada bulan oktober karena pada bulan tersebut siak  mengdakan bebrapa acara yang luar biasa guna memperingati hari jadi kota siak.


Jika tidak semapat melihat acara Siak Bermadah, Kota siak Masih menyajikan event Internasional yakni TOUR DE SIAK, yang merupakan Ajang Balap Sepeda Internasional yang melibatkan puluhan negara yang baru diadakan beberapa tahun ini, selain itu ada juga menjadi tuan rumah Ajang Sepeda BMX INTERNASIONAL tingkat ASIA yang akan di adakan pada bulan November 2014 ini..
jadi gunakan kesempatan tersebut jika ingin berkunjung ke kota siak J


1 Komentar untuk "Apa itu Festival Siak Bermadah"

tanggal brapa acaranya tahun ini ?
penasaran ane hehehe

Back To Top